LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 GODEAN Sidomoyo, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Laporan Ini Disusun sebagai Pertanggungjawaban Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Nuning Dwi Wahyuni, Nuning Dwi Wahyuni (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 GODEAN Sidomoyo, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Laporan Ini Disusun sebagai Pertanggungjawaban Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUNING DWI WAHYUNI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PPL ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Program PPL di SMP Negeri 2 Godean dimulai sejak 18 juli 2016 sampai 15 september 2016. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, dan RPP, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Dalam praktik mengajar, mahasiswa praktikan dibimbing oleh guru mata pelajaran Seni Budaya. Selain itu praktikan juga dibimbing oleh dosen mikro sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sesuai dengan program studi praktikan yang dilakukan sebelum PPL dimulai. Dalam persiapan mengajar, praktikan harus membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang dikonsultasikan dahulu dengan guru pembimbing sebelum praktik mengajar. Hal tersebut dilakukan agar praktikan memiliki pedoman dalam pelaksanaan praktik..Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 18 juli 2016 sampai 15 september 2016.. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VII A, B, C dan D dengan alokasi waktu 3x40 menit dan 1x40 menit untuk setiap pertemuan serta di kelas IX,C dan D dengan alokasi waktu 2x40 menit dan 1x40 menit dalam setiap pertemuan. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMP Negeri 2 Godean adalah masalah pengelolaan kelas dan penguasaan materi kurikulum yang masih membutuhkan strategi khusus. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengeolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan siswa-siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, siswa.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 02:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45609

Actions (login required)

View Item View Item