LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 1 SLEMAN Jl. Bhayangkara 27, Medari, Sleman. 15 Juli 2016-15 September 2016

Imam Darmawan, Imam Darmawan (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 1 SLEMAN Jl. Bhayangkara 27, Medari, Sleman. 15 Juli 2016-15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IMAM DARMAWAN 13202241082.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2016 bertujuan memberi gambaran kepada mahasiswa bagaimana cara menyampaikan materi kepada peserta didik dengan metode dan model pembelajaran yang sesuai. Sehingga diharapkan lulusan Universitas Negeri Yogyakarta kelak dapat menjadi tenaga kependidikan yang profesional, unggul serta mampu menjadi pendidik bagi calon penerus bangsa. SMP Negeri 1 Sleman yang menjadi salah satu sasaran penempatan mahasiswa PPL diharapkan dalam proses pembelajaran selanjutnya menjadi lebih aktif dan kreatif. Dengan adanya kegiatan praktik mengajar, selain untuk melatih mahasiswa menjadi pendidik juga untuk memberikan inovasi belajar dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah. Program PPL meliputi kegiatan observasi dan pelaksanaan PPL di sekolah. Praktek Pengalaman Lapngan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik mengajar disesuaikan dengan guru pembimbing, dalam hal ini praktikan melakukan PPL di kelas VIII. Dalam praktik mengajar mahasiswa sebagai praktikan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai acuan dalam mengajar dari tanggal 15 Juli sampai dengan tanggal 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa mempunyai Guru Pembimbing Lapangan dan Dosen Pembimbing Lapangan yang memberi setiap pengarahan dalam melaksanakan PPL. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing mata pelajaran. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIII. C. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar walaupun ditemui beberapa hambatan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMP N Sleman ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa bantuan siswa dalam menyelesaikan masalah secara mandiri dan memberikan informasi yang dibutuhkan siswa yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMP N 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 02:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45605

Actions (login required)

View Item View Item