LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 1 SLEMAN Jln. Bhayangkara 27, Medari, Sleman, Yogyakarta. 15 Juli 2016 - 15 September 2016

Faoziah, Faoziah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 1 SLEMAN Jln. Bhayangkara 27, Medari, Sleman, Yogyakarta. 15 Juli 2016 - 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FAOZIAH 13207241041.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan dengan berlangsungnya pembelajaran. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan atau program PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan. Pelaksanaan PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang pelaksanaannya berjalan lancar. Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Sleman antara lain praktik mengajar sebanyak 15 kali tatap muka pertemuan di kelas VII A, B dan C, dan melaksanakn program insidental yaitu melakukan presensi disetiap kelas dan piket bersalaman dengan siswa dipagi hari. Kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun praktikan dalam rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan sebelum terjun ke masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata.Pelaksanaan PPL ini tentulah bermanfaat untuk praktikan, walaupun terkadang dijumpai hambatan-hambatan. Terdapat pula kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan PLL namun praktikan selalu berusaha mencari solusi untuk mengatasi kelemahan yang dihadapi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SMP Negeri 1 Sleman, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 01:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45601

Actions (login required)

View Item View Item