Pengaruh Kualifikasi Pendidikan Guru, Lingkungan Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Matematika SMA di Kabupaten Biak Numfor Papua

Tapilatu, Gertreuda (2010) Pengaruh Kualifikasi Pendidikan Guru, Lingkungan Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Matematika SMA di Kabupaten Biak Numfor Papua. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gertreuda-tapilatu-07709251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) kualifikasi pendidikan guru terhadap kinerja guru matematika SMA di kabupaten Biak Numfor Papua (2) lingkungan sekolah terhadap kinerja guru matematika SMA di kabupaten Biak Numfor Papua (3) kepuasaan kerja terhadap kinerja guru matematika SMA di kabupaten Biak Numfor Papua, (4) kualifikasi pendidikan guru, lingkungan sekolah dan kepuasaan kerja, secara bersama-sama terhadap kinerja guru matematika SMA di kabupaten Biak Numfor Papua. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMA di kabupaten Biak Numfor yang berjumlah 22 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Angket yang diberikan menggunakan skala Likert. Pengukuran validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan pengukuran reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha Cronbach. Koefisien reliabilitas untuk instrumen kinerja guru adalah 0,926, kualifikasi pendidikan 0,915, lingkungan sekolah 0,927 dan kepuasan kerja 0,881. Uji coba instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji coba terpakai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier ganda dengan tiga variabel bebas, dan analisis korelasi parsial dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian yang diperoleh secara deskriptif, data diinterpretasikan dalam tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Skor rata-rata menunjukan kualifikasi pendidikan guru, lingkungan sekolah, kepuasan kerja dan kinerja guru matematika SMA berada pada kategori sedang. Sedangkan tingkatan persentase kategori kinerja guru matematika SMA di Kabupaten Biak Numfor (Y) yaitu 0% pada kategori rendah, 63,64% kategori sedang, dan 36,36% pada kategori tinggi. Untuk kualifikasi pendidikan guru (X1) diperoleh 54,55 % pada kategori rendah, 36,36% kategori sedang, dan 9,09% pada kategori tinggi. Lingkungan sekolah (X2) 9,09% pada kategori rendah, 81,82% kategori sedang dan 9,09% pada kategori tinggi. Dan kepuasan kerja (X3) diperoleh 0% pada kategori rendah, 77,27% pada kategori sedang, dan 22,73% pada kategori tinggi. Hasil analisis data menunjukan (1) Kualifikasi pendidikan, lingkungan sekolah dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh meningkatkan kinerja guru matematika SMA di Kabupaten Biak Numfor dimana kontribusi yang diberikan sebesar 58,8%, dan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 55,138 + 0,729X1 + 0,370X2 + 0,474X3. (2) Kualifikasi pendidikan berpengaruh meningkatkan kinerja guru matematika dengan sumbangan efektif sebesar 22,61%, (3) Lingkungan sekolah berpengaruh meningkatkan kinerja guru matematika dengan sumbangan efektif 18,16%, (4) kepuasan kerja berpengaruh meningkatkan kinerja guru matematika dengan sumbangan efektif sebesar 17,99%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kualifikasi pendidikan, lingkungan sekolah, kepuasan kerja, kinerja guru matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2017 01:22
Last Modified: 29 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45593

Actions (login required)

View Item View Item