LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MATEMATIKA

Ema Kartika, Ema Kartika (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MATEMATIKA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ema Kartika_13105241032_Teknologi Pendidikan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun tujuan dari program PPL ini adalah untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan ke dalam kehidupan masyarakat. Secara umum, kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wadah untuk seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan program studinya. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK Matematika) Yogyakarta dilaksanakan selama dua (2) bulan, yaitu terhitung sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Sebelum PPL dilaksanakan, mahasiswa melakukan observasi terlebih dahulu untuk menetukan program kerja yang akan ia laksanakan di lembaga terkait. Observasi dilakukan dengan tanya jawab, dokumentasi, dan pengamatan langsung ke lapangan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan maka ditentukanlah program kerja PPL yang akan dilaksanakan di PPPPTK Matematika. Program kerja individu utama yang dilaksanakan selama menjalankan PPL adalah pembaharuan kontak dinas pendidikan se-Indonesia. Sedangkan program individu penunjangnya adalah rekap data peserta diklat IN GP, Pengiriman Email Panggilan IN GP, dan Konfirmasi Email Panggilan IN GP. Hasil yang didapat dari pelaksanaan program kerja tersebut cukup memuaskan. Hal ini karena program yang dilaksanakan mendapatkan respon yang bagus dari lembaga. Semua itu karena adanya kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dengan staff di PPPPTK Matematika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, PPPPTK Matematika Yogyakarta, Program Kerja Individu.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2017 06:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45545

Actions (login required)

View Item View Item