LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN Jln. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Resti Desi Marwati, Resti Desi Marwati (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN Jln. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16. Resti Desi Marwati_13804241004_Pendidikan Ekonomi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang secara periodik diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dengan progam studi kependidikan sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar sarjana kependidikan disamping tugas akhir skripsi. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengalaman riil kepada mahasiswa dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sebagai media untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa ke dalam kehidupan nyata serta melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika mahasiswa sudah bergelut di dunia pendidikan yang sesungguhnya sebagai guru yang profesional. SMA Negeri 1 Cangkringan yang beralamat di Jln. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016. Di dalam rangkaian kegiatan PPL yang berlangsung, mahasiswa diharapkan untuk memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program-program yang ada di sekolah. TIM PPL UNY 2016 dalam hal ini berperan sebagai inovator, motivator, mediator, dan sekaligus problem solver bagi SMA Negeri 1 Cangkringan. Program PPL di SMA Negeri 1 Cangkringan yang dilaksanakan dari tanggal 15 Agustus sampai dengan 15 September 2016 meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali pertemuan, dalam praktiknya penyusun telah mengajar sebanyak 11 kali pertemuan di kelas XC dan 11 kali pertemuan di kelas XD dengan alokasi masing-masing 45 menit dalam satu jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, serta proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Melalui kegiatan PPL ini mahasiswa dapat menerapkan dan mengambangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing jurusan khususnya di bidang Ekonomi. SMA negeri 1 Cangkringan juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa praktikan terkait dengan penerapan kurikulum KTSP yang berbasis Sekolah Adiwiyata yang menuntut guru untuk dapat kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi yang berbasis budaya dan berwawasan lingkungan tanpa mengurangi keaktifan dan partisipasi siswa. Program PPL selain menjadi wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha bagi Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai pendidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transform of knowldege. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat berbagai perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di SMA Negeri 1 Cangkringan pada khususnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Ekonomi, SMA Negeri 1 Cangkringan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2017 03:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45535

Actions (login required)

View Item View Item