LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA N 1 CANGKRINGAN Jl. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman Yogyakarta

NOVITA KURNIAWATI, NOVITA KURNIAWATI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA N 1 CANGKRINGAN Jl. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12. Novita Kurniawati_13413241012_Pendidikan Sosiologi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan. Kegiatan PPL member kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori tersebut serta mencari ilmu secara empirik dan faktual. Kegiatan PPL bertujuan mendapatkan pengalaman mengenai proses pembelajaran dan lingkungan dalam sekolah sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki sikap, nilai, ketrampilan dan pengetahuan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah.Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMA N 1 Cangkringan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan.Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas X A, X B, X C dan X D. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMA memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Kegiatan praktik mengajar ini memberikan praktikan bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang dunia nyata dalam pendidikan khususnya sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program – program PPL dengan baik. Dengan terlaksananya PPL ini diharapakan tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Belajar Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2017 03:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45531

Actions (login required)

View Item View Item