Pengembangan Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan dan Menantang pada Materi Bilangan Bulat di Kelas IV SD

Ali, Abu (2010) Pengembangan Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan dan Menantang pada Materi Bilangan Bulat di Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abu-ali-07709251006.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menghasilkan suatu perangkat pembelajaran yang menyenangkan dan menantang dengan menggunakan pembelajaran model penemuan terbimbing dan pemecahan masalah; dan 2) menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan efektif pada pembelajaran model penemuan terbimbing dan pemecahan masalah. Pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Kemp. Pengembangan ini dimulai dari tahap penyajian awal, perancangan, realisasi, dan evaluasi. Produk yang dikembangkan berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari: (1) buku siswa, (2) rencana pelaksanaan pembelajaran, dan (3) tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) lembar penilaian instumen, (2) lembar validasi, (3) lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, (4) lembar observasi aktivitas siswa, dan (5) angket respons siswa. Instrumen dan perangkat pembelajaran divalidasi terlebih dahulu sebelum diujicobakan di lapangan. Dalam penelitian ini dilakukan 2 kali uji coba. Uji coba 1 dilakukan di kelas IV SD Negeri Dufa-dufa 2 dan uji coba 2 dilakukan di kelas IV-A dan IV-B pada SD Negeri Tafure. Setelah dilakukan 2 kali uji coba disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang menyenangkan dan menantang pada materi bilangan bulat telah memenuhi kriteria keefektifan yang ditetapkan. Dengan demikian melalui penelitian ini telah dihasilkan produk, yakni rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, dan tes hasil belajar. Penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran ternyata efektif merubah perilaku guru yang selama ini cenderung mendominasi pembelajaran berubah menjadi fasilitator dan mediator bagi siswa. Buku siswa yang dikembangkan adalah buku siswa SD kelas IV dengan kompetensi dasar menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. Tes hasil belajar memuat soal-soal pemecahan masalah berbentuk essay, tes hasil belajar juga dilengkapi dengan gambar berwarna sehingga memudahkan siswa menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, menyenangkan dan menantang, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 05 Jan 2017 01:34
Last Modified: 05 Jan 2017 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45460

Actions (login required)

View Item View Item