Siagian, Dina Sari Jenny Werrina Pintauli (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN DIREKSI SISWA SMP N 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
DINA SARI JENNY (09208244054)pdf.pdf Restricted to Registered users only until 2026. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) perbedaan nilai yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode drill dan yang diajar dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, (2) keefektifitasan penggunaan metode drill dalam pembelajaran direksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Tempel. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes mendireksi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach (rtt = 0,982). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan nilai t-hitung sebesar 2,206 dengan db= 65 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai t- tabel pada taraf signifikansi 5 % dan db = 65 yaitu sebesar 1,669 yang berarti nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel. Hal ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kemampuan mendireksi siswa yang diajar dengan metode drill dan diajar dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 02:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45421 |
Actions (login required)
View Item |