LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan

Diah Ayuningtyas, Diah Ayuningtyas (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_DIAH AYUNINGTYAS_PEND.EKONOMI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan program dari Universitas Negeri Yogyakarta bagi mahasiswa jurusan pendidikan untuk terjun langsung dan praktek menjadi seorang pendidik. Ilmu yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah dapat diberikannya kepada peserta didik pada saat pembelajran di kelas. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kegiatan proses pembelajaran serta kegiatan lain yang berlangsung di dalam sekolah. Hal tersebut digunakan sebagai bekal agar mahasiswa dapat menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 bertempat di sekolah-sekolah yang tersebar di Yogyakarta dan sekitarnya, SMA Negeri 1 Gamping merupakan salah satu sekolah yang dipilih untuk melaksanakan praktek pengalaman lapangan ini. PPL dilaksanakan pada 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2015. Pada Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar pelajaran ekonomi minimal 8 kali pertemuan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbeda. PPL dilaksanakan selama 29 kali atau 58 jam mengajar pada empat kelas yaitu kelas XA, XB, XC dan XD dengan 5 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam melaksanakan kegiatan PPL terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melakukan PPL terutama dalam proses pembelajaran di kelas yaitu siswa yang sulit dikondisikan, sulit menerima pelajaran, sulit berkonsentrasi dan adanya siswa yang masih pasif. Penjelasan secara berulang dan pendekatan kepada siswa yang pasif dilakukan Untuk mengatasi hambatan tersebut, mahasiswa seringkali melakukan pendekatan langsung kepada peserta didik. Kegiatan PPL diharapkan mampu memberikan pengalaman dan gambaran bagi mahasiswa untuk lebih memahami kegiatan yang dilaksanakan dalam lingkungan sekolah sehingga dapat membawa mahasiswa menjadi seorang pendidik yang berkualitas dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Gamping, Ekonomi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 01:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45413

Actions (login required)

View Item View Item