UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK ANGGOTA PADUAN SUARA EFRATA GKI PONDOK TJANDRA INDAH SIDOARJO MENGGUNAKAN MEDIASOFTWARE SIBELIUS

Lourencia, Jatalia Jennifer (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK ANGGOTA PADUAN SUARA EFRATA GKI PONDOK TJANDRA INDAH SIDOARJO MENGGUNAKAN MEDIASOFTWARE SIBELIUS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI Natalia.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan membaca notasi balok pada anggota Paduan Suara Efrata GKI Pondok Tjandra Indah menggunakan software sibelius. Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anggota paduan suara Efrata untuk membaca partitur lagu yang dituliskan dalam notasi balok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: a) perencanaan, b) implementasi tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Subjek penelitian ini adalah anggota paduan suara Efrata GKI Pondok Tjandra Indah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penilaian yang digunakan adalah partitur yang dituliskan dalam notasi balok. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas hasil, proses, demokratis, katalitik, dialogik dan rater. Teknik analisis data dilakukan dengan cara persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca notasi balok pada anggota paduan suara Efrata GKI Pondok Tjandra Indah menggunakan media software sibelius. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca dan menyanyikan partitur yang dituliskan dalam notasi balok dengan hasil pada siklus I sebanyak 16 responden (80%) kemudian pada siklus II menjadi20 responden (100%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 03 Jan 2017 08:06
Last Modified: 30 Jan 2019 12:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45368

Actions (login required)

View Item View Item