UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MUSIKALITAS SISWA KELAS PIANO POP MENGGUNAKAN EAR TRAINING DI JAYA MUSIC COURSE PONOROGO

Syah, Akbar Andrian (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MUSIKALITAS SISWA KELAS PIANO POP MENGGUNAKAN EAR TRAINING DI JAYA MUSIC COURSE PONOROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan bermain piano pada kelas piano pop di Jaya Music Course Ponorogo dengan menggunakan ear training. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa masih ketergantungan dengan membaca partitur dan kurangnya siswa menggunakan ear training dalam bermain piano. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiridariempat tahap yaitu: a) perencanaan, b) implementasi tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas piano pop di Jaya Music Course Ponorogo sebanyak 15 orang yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini telah dikonsultasikan dengan expert agar dapat digunakan untuk mengukur kemampuan musikalitas dengan menggunakan ear training. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratik, hasil, proses, katalitik, dan dialogik. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara mengolah skor aspek-aspek penilaian yang terdapat dalam penilaian tes praktik meliputi a) menirukan ritmis b) menirukan interval melodi c) ketepatan menebak kualitas akor d) memainkan potongan lagu pendek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai dan proses pembelajaran piano dengan menggunakan ear training dalam kelas piano pop di Jaya Music Course. Pada pra-siklus nilai rata-rata siswa adalah 63. Dari hasil tes siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata 78,87, terjadi peningkatan pra-siklus dan siklus I sebesar 15,87 atau 25%. Pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,63 yang mengalami peningkatan 3,96 atau 5%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan ear training dalam pembelajaran bermain piano dapat meningkatkan kemampuan musikalitas siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 03 Jan 2017 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 12:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45365

Actions (login required)

View Item View Item