Partisipasi Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI) di SD Negeri IV Wates, Kabupaten Kulon Progo

Suginah, Suginah (2010) Partisipasi Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI) di SD Negeri IV Wates, Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sugiyah-08704251004.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi partisipasi komite sekolah terhadap pengembangan Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI) di SD Negeri IV Wates Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (naturalistic inquiry). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara: 1) pengamatan partisipasif, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Untuk keabsahan data dengan memakai triangulasi sumber data. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan data reductions, data display, dan conclution drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi komite sekolah telah terbukti memberikan kontribusi terhadap perubahan dan peningkatan perwujudan Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI) di SD Negeri IV Wates. Hal ini dapat dilihat dari indikator keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SD IV sebagai sekolah berstandar internasional, namun masih ada bagian dari indikator keberhasilan yang masih belum ter-cover dan dalam proses pemecahan masalah sampai sekarang. Permasalahan tersebut solusinya bermuara pada dua aspek yaitu dengan cara meningkatkan partisipasi komite sekolah dalam penggalangan dana dan menumbuhkan kesadaran pada guru/ pendidik untuk menyiapkan kapasitasnya dalam memberikan transfer ilmu kepada siswa sesuai dengan standar pendidikan yang ada di SD Negeri IV Wates sebagai Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komite sekolah, Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2017 08:39
Last Modified: 29 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45363

Actions (login required)

View Item View Item