LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 AKADEMI ANGKATAN UDARA Jalan Laksada Adisucipto Km. 10 Yogyakarta

Ryas Cahya Annisa, Ryas Cahya Annisa (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 AKADEMI ANGKATAN UDARA Jalan Laksada Adisucipto Km. 10 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6_LAPORAN INDIVIDU PPL_RYAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL diselenggarakan oleh LPPMP UNY pada semester gasal yaitu mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam kesempatan ini mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL di Lembaga Akademi Angkatan Udara (AAU), tepatnya di Departemen Aeronautika. Hasil dari kegiatan observasi yang telah dilaksanakan di AAU adalah beberapa program yang dikategorikan menjadi program kelompok dan individu. Program kelompok yang dirumuskan adalah Seminar dan Sarasehan, sedangkan program individu utamanya adalah pengembangan SAP (Satuan Acuan Pembelajaran) dan Analisis Prosedur Praktikum secara umum. SAP dikembangkan untuk 32 mata kuliah yang ada di departemen aeronautika. SAP dikembangkan berdasarkan silabus yang sudah ada, prosedur praktikum dikembangkan berdasarkan prosedur praktikum yang sudah ada dari setiap laboraturium dan dibuat umum untuk semua jenis praktikum. Program individu penunjang adalah membuat logo departemen Aeronautika, Penataan Desain Atribut Laboraturium, membuat video profil departemen Aeronautika. Program individu PPL dapat terlaksana dengan baik namun dalam pelaksanaannya tidak dapat dipungkiri banyak mengalamai berbagai hambatan, namun hambatan tersebut bisa teratasi dengan baik berkat kerjasama antara tim PPL UNY dengan pihak AAU. Hasil dari program kerja individu adalah berhasil mengembangkan SAP sebanyak 32 mata kuliah yang ada di departemen Aeronautika dari tingkat II sampai tingkat IV dan membuat desain Prosedur umum Praktikum untuk 4 Laboraturium Departemen Aeronautika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, AAU, Program Individu, Satuan Acuan Pembelajaran (SAP), Desain Prosedur Praktikum
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2017 05:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45357

Actions (login required)

View Item View Item