LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Yunita Maharani, Yunita Maharani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK TAHUN AKADEMIK 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL YUNITA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MATRIK.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. PPL juga merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang dimiliki sesuai bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 di SMP Negeri 2 Ngemplak. Mahasiswa PPL bertugas untuk mempersiapkan keperluan atau perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan terhadap mahasiswa dalam mengelola kelas serta memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa.Kegiatan PPL meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh UNY, kelompok maupun individu yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar. Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Ngemplak antara lain praktik mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 13 kali tatap muka di kelas VII B dan VII C. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Ngemplak dapat dilaksanakan dengan lancar berkat adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah, kepala sekolah dan mahasiswa. Dengan demikian, kegiatan PPL ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di kelas agar dapat berguna dimasa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, Bahasa Indonesia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45310

Actions (login required)

View Item View Item