LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Puspita Sari, Puspita Sari (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4 LAPORAN INDIVIDU PPL 2016_PUSPITA SARI_13301241003_FMIPA_Pendidikan Matematika.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakartamemiliki. PPL memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan Sebagi seorang pendidik, sebelum masuk ke kelas dan melaksanakan proses pembelajaran harus mempersiapkan adminitrasi dan kelengkapan mengajar, salah satu hal yang pokok adalah mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan menyusun materi untuk kemudian dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan.Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2016 adalah SMP Negeri 5 Sleman yang beralamat di Karangasem, Pendowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar.Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIII D. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket, melatih upacara, mengikut workshop pembuatan PROTA, PROSEM, KKM, dan menyiapkan kegiatan sekolah seperti MKKS dan MGMP Matematika, serta Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan setengah di SMP Negeri 5 Sleman ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan.Dalam pelaksanaan programprogram tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan.Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 5 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Dec 2016 07:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45268

Actions (login required)

View Item View Item