LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli s.d. 15 September 2016

Ardiana Putri Anggraeni, Ardiana Putri Anggraeni (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli s.d. 15 September 2016. Project Report. Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL PEND. IPA ARDIANA PUTRI ANGGRAENI 13312244005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan / menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis sepertipada saat diperkuliahan. Secara umum, pelaksaan PPL meliputi empat tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP N 1 Minggir, yang dilaksanakan mulai dari 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pembelajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran dikelas lebih dari 6 kali pertemuan. Kelas yang diampu ada 4 kelas, yaitu kelas VIII D, VIII E, VIII F, dan VIII G. Metode yang digunakan dalam pembelajaran dikelas, antara lain demonstrasi, penugasan, praktikum, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide power point, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Selain kegiatan belajar mengajar, ada kegiatan di luar jam mengajar seperti salam pagi, piket lobby, upacara rutin hari senin, pendampingan tonti, lomba peringatan 17 Agustus, dll. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya disekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Berakhirnya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa semakin berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam dunia pendidikan. Selain itu, semakin memiliki peranan menuju terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas bagi nusa dan bangsa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMP N 1 Minggir, pembelajaran, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 28 Dec 2016 07:11
Last Modified: 21 Aug 2018 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45239

Actions (login required)

View Item View Item