LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MTs Negeri GODEAN

Damar Pradewa, Damar Pradewa (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MTs Negeri GODEAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5. DAMAR PRADEWA_ PENDIDIKAN SENI KRIYA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun dengan berlangsungnya pembelajaran. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang merupakan implementasi salah satu butir Tri Drama Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Pelaksanaan PPL dilakukan dari tanggal 15 juli 2016 sampai 15 september 2016 bertempat di MTs N GODEAN yang beralamat di Jl.Klaci Sidoagung Godean Sleman. Kegiatan PPL ini melaksanakan program-program kegiatan dengan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperlukan selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Sebelum untuk memulai kegiatan mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan dengan mengikuti mata kuliah wajib yaitu pengajaran mikro, pembekalan PPL, dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi diketahui beberapa permasalaha di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL. Berdasarkan hasil observasi, maka mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL yaitu konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan pembimbing PPL, membuat perangkat pembelajaran (penyusunan peta kompetensi, peta konsep, silabus, RPP), mencari bahan untuk mengajar, mengajar, mebuat lembar kerja siswa, membuat soal untuk ulangan harian, pratik membuat contoh karya, mengkoreksi lembar kerja siswa, memasukkan nilai lembar kerja siswa, mamasukkan nilai ujian/ulangan harian, pembuatan media, dan pembuatan laporan, dan adminitrasi guru. Hasil yang diperoleh selama PPL adalah bahwa mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan terpandu antara teori dengan praktik yang sangat bermanfaat. Selain pengalaman mengajar, mahasiswa jg memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan tugas guru di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, MTs N GODEAN, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45217

Actions (login required)

View Item View Item