PENGEMBANGAN E-MODUL PENGAYAAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA

Hapsari, Noviana (2016) PENGEMBANGAN E-MODUL PENGAYAAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NOVIANA HAPSARI.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan yang layak digunakan untuk siswa kelas XII SMA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru biologi, dan tanggapan siswa. (2) mengetahui keefektifan penggunaan e-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi pada tahap ADD (Analysis, Design, Development). Subjek penelitian terdiri atas 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media, 2 guru Biologi dan 16 siswa kelas XII SMA Negeri 2 Bantul. Objek penelitian ini adalah e-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan e-modul pengayaan, angket kemandirian, lembar observasi kemandirian, dan soal tes kognitif. Hasil penilaian kelayakan e-modul dianalisis dengan statistik deskriptif. Peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa dianalisis dengan normalized gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru biologi, dan tanggapan siswa. (2) E-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan efektif meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas XII SMA. Peningkatan kemandirian belajar siswa dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,38 berdasarkan angket dan 0,67 berdasarkan obeservasi. Peningkatan hasil belajar siswa juga dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,64. Kata kunci : E-modul pengayaan, pertumbuhan dan perkembangan, kemandirian belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 12:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45212

Actions (login required)

View Item View Item