LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK HAMONG PUTERA II PAKEM Jl. Balai Desa, Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 15 Juli s/d 15 September 2016

Wahyu Putra, Wahyu Putra (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK HAMONG PUTERA II PAKEM Jl. Balai Desa, Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 15 Juli s/d 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Peng_Abs_Mat.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WahyuPutra_13518244018.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program untuk mahasiswa kependidikan agar memiliki pengalaman di dunia mengajar yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Kegiatan PPL memberikan pengalaman dalam dunia mengajar di sekolah kepada mahasiswa sebagai calon pendidik. Hal tersebut digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan. PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 bertempat di SMK Hamong Putera II Pakem. PPL dilaksanakan 15 Juli-15 September 2016. Program kerja PPL di SMK Hamong Putera II Pakem meliputi: (1). Observasi, mahasiswa PPL melakukan observasi kondisi sekolah, pembelajaran dan peserta didik.; (2) Administrasi Pembelajaran dan Guru, mahasiswa PPL melakukan pembuatan jadwal piket dan mengajar, menelaah dan mengembangkan silabus dari KTSP menjadi Kurikulum 2013; (3) Praktik Mengajar, kegiatan dimulai dengan persiapan. Persiapan meliputi konsultasi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi dan media ajar, jobsheet. Kegiatan berikutnya adalah pelaksanaan melakukan kegiatan mengajar teori maupun praktek di kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) pada mata pelajaran Merawat Peralatan Rumah Tangga Listrik (MPRTL). Pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 6 kali pertemuan setiap hari rabu jam 1-3 dengan total jam pelajaran sebanyak 18 jam pelajaran; (4) Pembuatan Laporan; (5) Kegiatan Lain-lain, sholat berjamaah, pelatihan tim roket air, panitia pengenalan lingkungan sekolah, syawalan, piket, rekap data raport siswa, pelatihan tim peleton inti, upacara HUT RI Ke-71, dan peningkatan fasilitas sekolah. Pelaksanaan PPL di SMK Hamong Putera II Pakem tidak mengalami hambatan yang begitu signifikan. Mahasiswa PPL dapat menjalin kerjasama yang baik dengan siswa, guru pembimbing maupun pihak sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL ,Mahasiswa, SMK Hamong Putera II Pakem, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45183

Actions (login required)

View Item View Item