Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta.

Zulmiani, Nuri (2016) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuri-zulmiani-14712259001.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap; (1)penguasaan konsep, dan (2) kreativitas pada pembelajaran tematik siswa kelas III. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta. Penentuan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling. Kelas IIIB SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen mengikuti pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan kelas IIIA SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta sebagai kelas kontrol mengikuti pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan dalam kelas sebagai sumber belajar. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar; (1) tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep dengan taraf signifikan menunjukkan 0,064>0,05, (2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas dengan taraf signifikan menunjukkan 0,000<0,05, pada pembelajaran tematik siswa kelas III.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, penguasaan konsep, kreativitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Dec 2016 07:08
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45174

Actions (login required)

View Item View Item