Zulmiani, Nuri (2016) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-nuri-zulmiani-14712259001.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap; (1)penguasaan konsep, dan (2) kreativitas pada pembelajaran tematik siswa kelas III. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta. Penentuan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling. Kelas IIIB SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen mengikuti pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan kelas IIIA SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta sebagai kelas kontrol mengikuti pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan dalam kelas sebagai sumber belajar. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar; (1) tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep dengan taraf signifikan menunjukkan 0,064>0,05, (2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas dengan taraf signifikan menunjukkan 0,000<0,05, pada pembelajaran tematik siswa kelas III.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, penguasaan konsep, kreativitas |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 07:08 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |