LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Intan Rizkiana Budiargo, Intan Rizkiana Budiargo (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Intan Rizkiana B. (13201244007).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan(PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Kegiatan PPL juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman secara faktual dalam mengajar. Selain memberikan pengalaman secara nyata dalam prosses pembelajaran, mahasiswa juga dapat mengetahui kegiatan dalam lingkungan sekolah yang dapat digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Program PPL di SMP Negeri 2 Mlati dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 Septenber 2016. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Tahap persiapan meliputi kegiatan observasi baik lingkungan sekolah maupun peserta didik. Tahap Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan. Kelas yang diampu yaitu kelas VIII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain diskusi, tanya jawab, ceramah, permainan dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum, LKS, buku paket, serta media sebagai penunjang metode pembelajaran seperti amplop dan pita. Terdapat kendala danhambatan selama selama waktu waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan. Peserta didik sangat aktif dan antusias dalam praktikum sehingga segera melakukan praktikum tanpa memperhatikan petuntuk dari guru. Kendala ini dihadapi ketika praktikan menggunakan metode permainan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung trlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Program PPL selain sebagai tempat untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SMP N 2 Mlati
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2016 04:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45157

Actions (login required)

View Item View Item