Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Bantul Timur.

Astiyani, Astiyani (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Bantul Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-astiyani-14712259002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural subtema “Lingkungan Tempat Tinggalku” yang layak untuk meningkatkan karakter tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Bantul Timur, dan (2) mengetahui efektivitas modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural subtema “Lingkungan Tempat Tinggalku” untuk meningkatkan karakter tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Bantul Timur. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan meliputi: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi hasil uji coba lapangan, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi. Subjek uji coba awal adalah enam siswa kelas IV dan satu guru. Subjek uji coba lapangan adalah 12 siswa dan satu guru kelas IV SD Bantul Timur. Subjek uji coba lapangan operasional adalah 30 siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi pembelajaran, pedoman observasi karakter siswa, skala penilaian produk oleh ahli, soal tes hasil belajar, skala respon guru, dan skala respon siswa. Data dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis perbedaan melalui uji Anova. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosisokultural subtema “Lingkungan Tempat Tinggalku” layak digunakan untuk pembelajaran kelas IV SD Bantul Timur. Kelayakan modul pembelajaran oleh ahli materi mendapat penilaian “Baik” dan oleh ahli media mendapat penilaian “Sangat Baik”. Hasil respon guru dan respon siswa terhadap modul pembelajaran terkategori “Sangat Baik”. Hasil uji t pada karakter tanggung jawab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai t=-2,639 pada taraf signifikansi p=0,000 (p<0,05) dan prestasi belajar aspek pengetahuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai t=-3,380 pada taraf signifikansi p=0,001 (p<0,005), sedangkan prestasi belajar aspek keterampilan menunjukkan nilai t=-5,756 pada taraf signifikansi p=0,000 (p<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural efektif untuk meningkatkan karakter tanggung jawab dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul, tematik integratif, pembelajaran berbasis sosiokultural, karakter tanggung jawab, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:39
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45155

Actions (login required)

View Item View Item