KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN LAMA GURU MENGAJAR

Lestari, Puji (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN LAMA GURU MENGAJAR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PUJI LESTARI.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains (KBDKPS) peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada mata pelajaran biologi, (2) mendeskripsikan KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada mata pelajaran biologi ditinjau berdasarkan lama guru mengajar, dan (3) mengetahui adanya pengaruh faktor latar belakang pendidikan guru dan potensi peserta didik yang didasarkan pada nilai UN IPA SMP terhadap KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada mata pelajaran biologi ditinjau berdasarkan lama guru mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei yang dilaksanakan pada bulan Desember 2015 hingga Maret 2016. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas X dan XI IPA di sebelas SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Sampel diambil menggunakan teknik purposive samplingsehingga diperoleh sampel sebanyak 536 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknikpurposive sampling juga dilakukan pada seluruh guru biologi yang mengampu peserta didik kelas X dan kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo, sehingga diperoleh sebanyak 17 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu lama guru mengajar, variabel tergayut adalah tingkat KBDKPS peserta didik, sedangkan aspek latar belakang pendidikan guru dan potensi peserta didik yang didasarkan pada nilai ujian nasional (UN) IPA SMP sebagai variabel pengganggu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes KBDKPS, pengisian angket dan wawancara guru, serta pengumpulan data nilai UN IPA SMP. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkan rerata skor KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada mata pelajaran biologi tergolong sedang (22,76dari total skor 50). Rerata skor KBDKPS peserta didik yang diampu oleh guru dengan lama mengajar kurang dari 20 tahun lebih tinggi dibanding peserta didik yang diampu oleh guru dengan lama mengajar minimal 20 tahun ke atas (25,49>21,11). Aspek latar belakang pendidikan guru dan potensi peserta didik yang didasarkan pada nilai UN IPA SMP ada kaitannya dengan skor KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada Mata Pelajaran Biologi yang ditinjau dari lama guru mengajar. Kata kunci:berpikir divergen, keterampilan proses sains, lama guru mengajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:29
Last Modified: 30 Jan 2019 12:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45153

Actions (login required)

View Item View Item