Peningkatan Moralitas Siswa Melalui Metode Sosiodrama dari Kisah Teladan Rasulullah saw. di Sekolah Dasar

Sarikin, Ade Nanang (2010) Peningkatan Moralitas Siswa Melalui Metode Sosiodrama dari Kisah Teladan Rasulullah saw. di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ade-nanang-sarikin-08705251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan moralitas siswa melalui penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sosiodrama tentang kisah-kisah Rasulullah saw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Desain PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Kedungwungu Kabupaten Subang yang berjumlah 27 orang. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru agama sebagai pelaksana tindakan dan peneliti bertindak sebagai observer. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman mencakup tiga kegiatan yang bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan moralitas siswa secara bertahap yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang berperilaku sebagaimana ditetapkan. 1) Jumlah siswa yang berperilaku sesuai dengan moralitas keadilan pada siklus I = 4 siswa (14,81%), siklus II = 15 siswa (55,54%) dan siklus III = 25 siswa (92,59%). 2) Jumlah siswa yang berperilaku sesuai moralitas kejujuran pada siklus siklus I = 3 siswa (11,11%) pada siklus II = 20 siswa (74,07%) dan pada siklus III = 25 siswa (92,59%). 3) Jumlah siswa yang menunjukan moralitas rendah hati pada siklus I = 3 siswa (11,11%) siklus II = 14 siswa (51,85%), siklus III = 26 siswa (96,29%). 4) Jumlah siswa yang berperilaku sesuai moralitas kasih sayang pada siklus I = 5 siswa (18,51%), siklus II = 16 siswa (59, 25%), dan pada siklus III = 25 siswa (92,59%). Dengan demikian metode sosiodrama dengan tema kisah-kisah Rasulullah dan para sahabat dapat meningkatkan moralitas siswa SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: moralitas siswa, metode sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 23 Dec 2016 06:46
Last Modified: 20 Mar 2017 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45112

Actions (login required)

View Item View Item