LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Annisa Nur Arifah, Annisa Nur Arifah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annisa Nur Arifah 13301241011 MATEMATIKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan yang telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 Juli – 15 Agustus 2016. Program PPL bertujuan untuk sarana pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional calon guru. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di SMP Negeri 5 Depok. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Matematika, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 Program Studi IPS, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan 2 Program Studi Bimbingan Konseling. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMP Negeri 5 Depok, praktek mengajar dilaksanakan tanggal 16 Juli – 31 Agustus. Praktikan mengajarkan materi matematika mengenai Bilangan di kelas VII B dan VII C. Hal-hal lain yang dilakukan praktikan selain mengajar adalah, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media pembelajaran, pembuatan modul, pembuatan RPP dan mengikuti kegiatan sekolah diluar program mengajar. Metode yang digunakan dalam mengajar bervariasi, yaitu tanya jawab, diskusi kelompok, dan saintifik. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatanhambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah keadaan kelas yang kurang kondusif . Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL menggunakan media pembelajaran yang menarik. Hambatan lain yang ditemui yaitu adanya agenda acara dalam rangka memperingahi HUT RI 70 sehingga mengurangi kegiatan belajar mengajar di kelas maka dari itu pada siswa dan mahasiswa PPL harus bersama mengejar materi agar sesuai dengan silabus agar dapat dilakukan evaluasi materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, matematika, SMP Negeri 5 Depok
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Dec 2016 01:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45071

Actions (login required)

View Item View Item