Sigit Dwi Kusrahmadi, M.Si. (2010) MODEL PENDEKATAN PENDIDIKAN NILAI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM BUDI PEKERTI BAGI SISWA DI SEKOLAH DASAR. [Experiment/Research]
Text
02_SIGIT_Dwi_Kusrahmadi.doc Download (66kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan ujicoba model pendekatan pendidikan nilai dan implemen-tasinya dalam budi pekerti siswa di Sekolah Dasar, yaitu: membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik. Ada lima variabel model yang akan dikembangkan: (1) penanaman nilai; (2) perkembangan moral kognitif; (3) analisis nilai; (4) klarifikasi; dan (5) pembelajaran berbuat. Jenis penelitian adalah pengembangan, subyek penelitian guru dan siswa di Sekolah Dasar. Lokasi penelitian di wilayah Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Daedrah Istimewa Yogyakarta. Penelitian akan dilaksanakan bulan Mei – Oktober 2010. Pengumpulan data menggunakan interview, demonstrasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah model terpadu atau serentak antara pendekatan deskritif kuantitatif dan kualitatif. Target luaran yang telah dihasilkan dalam penelitian tahun pertama adalah: (1) dapat diidentifikasi potensi sekolah dalam penanaman nilai-nilai tertentu dan implementasinya dalam pendidikan budi pekerti siswa; (2) dapat dilatih guru-guru yang akan mengajar nilai-nilai sosial tertentu, yakni nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia lainnya, yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat; (3) dapat disusun buku modul materi pembelajaran pendidikan budi pekerti siswa di Sekolah Dasar wilayah Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul; (4) dapat ditulis artikel pada jurnal terakreditasi nasional maupun internasional. Kata Kunci : Pendidikan nilai implementasinya dalam budi pekerti
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 08:42 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4505 |
Actions (login required)
View Item |