LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNY 2016 SMP NEGERI 3 KALASAN Sidokerto, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Ummi Nur Baiti, Ummi Nur Baiti (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNY 2016 SMP NEGERI 3 KALASAN Sidokerto, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13312244026_ummi_IPA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) meruakan program kegiatan perkuliahan yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL ini bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa calon pendidik mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik. Standar kompetensi PPL dirumuskan mengacu dengan konteks kehidupan guru, sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Praktik Pengalaman Lapangan di SMP Negeri 3 Kalasan berlokasi di Dukuh Sidokerto, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Program PPl di SMP Negeri 3 Kalasan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 Sepetember 2016. Selama kegiatan PPL mahasiswa mengikuti kegiatan 3S ( Senyum, Sapa, Salam ), Upacara Bendera, Mengajar kelas VII C dan VII D, Pengenalan Lingkungan Sekolah, Pengecatan Lapangan, Inventarisasi Buku Perpustakaan, Inventarisasi Alat Laboraturium, Pendampingan PBB, Mural, Lomba Gerak Jalan, Upacara Hari Pramuka, Upacara HUT RI, Olah Raga Bersama, Kerja Bakti Lingkungan Sekolah, Classmeeting dan Pentas Seni Perpisahan PPL dan Pelaksanaan Qurban. Mahasiswa membuat perangkat pembelajaran berupa : RPP/pertemuan, media pembelajaran dan evaluasi. Kegiatan yang dilakukan yaitu 1) Observasi 2) Praktik Mengajar mandiri 30 Praktik Mengajar Terbimbing. Semua kegiatan yang dilakukan di SMP N 3 Kalasan mendapat umpan balik dari guru pembimbing. Mata pelajaran yang diajarkan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan terbagi dalam 9 Materi yaitu Pengukuran; Satuan dan Konversinya; Besaran Pokok; Besaran Turunan; Ciri – ciri benda; Klasifikasi Makhluk Hidup; Kunci Determinasi dan Dikotomi; Klasifikasi Tumbuhan; dan Klasifikasi Hewan. Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Dalam pelaksanaan program PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman langsung dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang akan dijadikan bekal dan beguna di kemudian hari. Selain itu, mahasiswa lebih mengetahui permasalahan rill yang dihadapi di dalam kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL. IPA. SMP N 3 KALASAN
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45016

Actions (login required)

View Item View Item