Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas v Semester I Sekolah Dasar.

Rahayuningtyas, Dian Ikawati (2016) Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas v Semester I Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-ikawati-rahayuningtyas-14702251051.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai karakter pada buku pegangan guru, (2) nilai-nilai karakter pada buku pegangan siswa, dan (3) kesesuaian nilai-nilai karakter pada buku teks Kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas V semester I sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah buku teks Kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas V semester I sekolah dasar. Terdiri dari lima tema, yaitu tema benda-benda di lingkungan sekitar, tema peristiwa dalam kehidupan, tema kerukunan dalam bermasyarakat, tema sehat itu penting, dan tema bangga sebagai bangsa Indonesia. Unit analisis dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku teks tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen penelitian ini berupa rubrik analisis dokumen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas semantik dan pemeriksaan ahli. Reliabilitas penelitian ini berupa reliabilitas stabilitas dan reliabilitas replikabilitas. Teknik analisis konten terdiri dari 1) pengumpulan data, 2) penentuan sampel, 3) pencatatan data, 4) reduksi, 5) penarikan kesimpulan, dan 6) mendeskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Buku pegangan guru dalam setiap tema telah mengembangkan semua nilai karakter, yaitu religus, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air. Terdapat beberapa nilai karakter lain yang muncul yaitu cermat, mandiri, teliti, dan rasa ingin tahu. 2) Buku pegangan siswa pada tema benda-benda di lingkungan sekitar, tema kerukunan dalam bermasyarakat, dan tema bangga sebagai bangsa Indonesia tidak mengembangkan nilai karakter jujur. Nilai karakter percaya diri muncul dengan frekuesi terbanyak pada buku pegangan guru maupun pada buku pegangan siswa. Nilai karakter jujur muncul dengan frekuensi paling sedikit pada buku pegangan guru dan buku pegangan siswa. 3) Nilai karakter pada buku pegangan guru dan pegangan siswa tema benda-benda di lingkungan sekitar, tema peristiwa dalam kehidupan, dan tema sehat itu penting telah sesuai, sedangkan pada tema kerukunan dalam bermasyarakat dan tema bangga sebagai bangsa Indonesia masih terdapat nilai karakter yang belum sesuai antara buku pegangan guru dan buku pegangan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai karakter, buku teks Kurikulum 2013, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:39
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44996

Actions (login required)

View Item View Item