KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI (INQUIRY LEARNING) DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP

Jayanti, Ummu Hajar Dwi and Djamilah Bondan, Widjajanti (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI (INQUIRY LEARNING) DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
1. JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar; (2) keefektifan metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment), menggunakan satu kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A. Kelas VII A diberi perlakuan pembelajaran dengan metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik. Instrumen untuk mengukur prestasi belajar siswa berupa soal tes berbentuk pilihan ganda, sedangkan untuk mengukur percaya diri siswa menggunakan angket. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli dengan hasil layak dengan revisi. Pada penelitian ini, pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik dikatakan efektif ditinjau dari prestasi belajar apabila nilai rata-rata posttest lebih dari nilai rata-rata pretest dan persentase nilai yang mencapai minimal 75 lebih dari 75%. Apabila ditinjau dari kepercayaan diri dikatakan efektif apabila rata-rata skor angket akhir lebih dari rata-rata skor angket awal dan persentase skor angket siswa yang mencapai kategori minimal Baik lebih dari 75%. Metode pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dan statistik uji-z. Analisis data meliputi: (1) statistik uji-t untuk menganalisis nilai rata-rata posttest lebih dari nilai rata-rata pretest dan rata-rata skor angket akhir lebih dari rata-rata skor angket awal; (2) statistik uji-z untuk menganalisis persentase nilai yang mencapai minimal 75 lebih dari 75% dan persentase skor angket siswa yang mencapai kategori minimal Baik lebih dari 75%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa (1) metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar; (2) metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kepercayaan diri. Kata kunci: Inkuiri, Saintifik, Prestasi Belajar, Percaya Diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44990

Actions (login required)

View Item View Item