LAPORAN INDIVIDU LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SLB NEGERI 1 SLEMAN

Yuwanda Mulyaningrum, Yuwanda Mulyaningrum (2016) LAPORAN INDIVIDU LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SLB NEGERI 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_YUWANDA MULYANINGRUM_13103241016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL merupakan salah satu mata kuliah interdisipliner yang wajib ditempuh mahasiswa program S1, khususnya bidang kependidikan. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung mengenai gambaran pekerjaan yang akan diemban oleh mahasiswa setelah lulus dari universitas sesuai dengan jurusannya. Pendidikan Luar Biasa adalah salah satu jurusan yang mewajibkan mahasiswanya mengikuti dan lulus kegiatan PPL. Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa melaksanakan praktik lapangan di sekolah-sekolah luar biasa untuk mengajar anak berkebutuhan khusus, salah satunya adalah SLB N 1 Sleman. Dalam praktiknya mahasiswa melakukan perencanaan dan pelaksanaan program, termasuk pembuatan rencana pembelajaran dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas selayaknya seorang guru. Praktik mengajar di SLB N 1 Sleman dilakukan sebanyak delapan kali sesuai waktu yang sudah disepakati antara guru pembimbing lapangan dan mahasiswa. Prosedur yang dilakukan selama praktik pelaksanaan program PPL meliputi kegiatan observasi terhadap siswa dan pelaksanaan pembelajaran di kelas, mengumpulkan materi yang akan diajarkan, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP, dan menyiapkan media yanag sesuai dengan materi dan karakteristik serta kebutuhan peserta didik. Hasil dari kegiatan PPL selama dua bulan yaitu terlaksananya program Praktik Pengalaman Lapangan dengan baik dan lancar. Terlaksananya program PPL UNY 2016 tidak terlepas dari kerjasama dan bimbingan antara berbagai pihak termasuk pihak universitas, pihak sekolah, mahasiswa PPL dan peserta didik SLB N 1 Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik pengalaman lapangan, sekolah luar biasa, rencana pelaksanaan pembelajaran, prosedur, hasil kegiatan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2016 00:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44883

Actions (login required)

View Item View Item