Efektivitas Teknik Make A-Match Untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Prestasi Belajar IPS di SDN 3 Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun

Nurhasanah, Nurhasanah (2010) Efektivitas Teknik Make A-Match Untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Prestasi Belajar IPS di SDN 3 Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mustolih-07712259006.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik make a-match dalam meningkatkan kerja sama dan prestasi belajar IPS kelas V di SDN 3 Lingsar, pada pokok bahasan mengenal dan menghargai perjuangan para tokoh dalam rangka mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain “the one-group pretest and posttest”, sehingga dalam eksperimen ini tidak menggunakan kelompok kontrol atau pembanding.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kerja sama dan prestasi belajar IPS. Sedangkan variabel bebasnya adalah teknik make a-match. Subjek penelitian berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kerja sama dan tes prestasi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik make a-match efektif meningkatkan kerja sama dan prestasi belajar IPS. Hasil observasi terhadap kemampuan kerja sama siswa setelah diberikan perlakuan 22 orang siswa atau 71% siswa berada pada kategori sangat baik. Hasil uji-t terhadap prestasi belajar IPS menunjukkan nilai thitung lebih besar daripada ttabel. Nilai thitung sebesar 15,133 sedangkan nilai ttabel 0,05 db. 30 sebesar 2,045.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: make a-match, kerja sama, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 20 Dec 2016 00:43
Last Modified: 20 Dec 2016 00:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44874

Actions (login required)

View Item View Item