LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SD NEGERI DEMAKIJO 1 PERIODE 15 JULI s.d. 15 SEPTEMBER 2016

Laily Khoiril Hana Wijaya, Laily Khoiril Hana Wijaya (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SD NEGERI DEMAKIJO 1 PERIODE 15 JULI s.d. 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAILY KHOIRIL HANA WIJAYA_13108241026_PGSD_7B_SDN DEMAKIJO 1.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Dari beberapa kali kunjungan observasi di SD Negeri Demakijo 1, ditemukan beberapa hal yang dapat dijadikan dasar pembentukan program kerja PPL, baik dalam bidang pengajaran maupun non pengajaran. Kegiatan atau program PPL pengajaran yang dilaksanakan antara lain meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, dan pembelajaran di kelas. Dalam pembuatan RPP, masing-masing mahasiswa didampingi oleh satu guru pembimbing. Kegiatan praktik pembelajaran dilaksanakan selama delapan kali tatap muka, dengan rincian empat kali mengajar terbimbing, dua kali mengajar mandiri, dan dua kali mengajar ujian. Dalam pelaksanaan mengajar ujian, mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing dan guru pembimbing. Dalam kegiatan PPL di SD Negeri Demakijo 1, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas IIA, IIB, IIIA, IIIB, VA, dan VB. Kegiatan mengajar ini di selenggarakan mulai minggu ke-2 sampai dengan minggu ke-9. Selain mengajar, terdapat beberapa proker tambahan antara lain a) penyusunan matrik program, b) persiapan pelaksanaan pembelajaran, c) orientasi siswa baru, d) upacara bendera hari Senin, e) sapa pagi, f) pendampingan ekstrakurikuler pramuka, g) pelaksanaan Idul Adha, h) pembuatan kotak infaq, i) upacara hari kemerdekaan RI, j) pembuatan mading, k) penataan perpustakaan, l) penataan UKS, m) penamaan ruang kelas, n) pembuatan poster, o) penataan kembali ruang perpustakaan, p) penjagaan kantin, q) penulisan buku induk, dan r) lomba kemerdekaan RI. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD N Demakijo 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2016 00:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44871

Actions (login required)

View Item View Item