LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN

HIDAYAH INA QODRIYANI, HIDAYAH INA QODRIYANI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HIDAYAH INA QODRIYANI 13304244004.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) program semester khusus merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu setelah kegiatan Kuliah Kerja Nyata sebagai bentuk pengembangan ketrampilan mahasiswa sebagai calon pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan di sekolah terpilih dalam rangka untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar dan mengajar secara langsung, menambah wawasan da memperluas ilmu yang dimilikinya. Adapaun tujuan dari Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diantaranya untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenaal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman meliputi kegiatan praktik pembuatan dan pengembangan perangkat pembelajaran, praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Praktik mengajar di kelas bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini mahasiswa sebagai pengajar mata pelajaran Biologi dan melakukan pembelajaran di kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2016. Sementara kegiatan praktik persekolahan yang telah berlangsung sejak 15 Juli 2016 dimaksudkan agar mahasiswa mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan persekolahan meliputi kegiatan praktek di BK, piket, Perpustakaan dan Tata Usaha. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilaksanakan sebanyak 13 kali pertemuan. Dari kegiatan praktik mengajar dan praktik persekolahan yang telah dilaksanakan, maka dapat didapatkan hasil bahwa mahasiswa SMA Negeri 1 Prambanan Sleman rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik dinilai dari hasil kegiatan belajar dan penilaian sikap pada setiap pembelajaran. Tentunya terwujudnya keberhasilan pembelajaran pada kegiatan belajar mahasiswa ini berkat dukungan secara langsung maupun tidak langsung dari pihak sekolah yang telah berkerjasama secara profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Pembelajaran, Sekol
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Dec 2016 06:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44849

Actions (login required)

View Item View Item