Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta

Badriah, Laelatul (2010) Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-laelatul-badriah-07712259062.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa sekolah dasar rendah, tingkat keterlibatan siswa dan iteraksi siswa dalam proses pembelajaran sangat tergantung kepada guru, sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika sulit dipelajari, siswa menghadapi kesulitan dalam belajar matematika, guru matematika tidak menyenangkan, membosankan, menakutkan angker dan sebagainya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok ekperimen yang dikenai strategi pembelajaran pemecahan masalah pada kelas IVB dan kelompok kontrol yang dikenai strategi konvensional pada kelas IVA. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta yang berjumlah 91 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA dan kelas IVB SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Studi eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretes-postes group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan instrument yang digunkan adalah soal tes. Analisis statistik yang digunakan adalah uji t-tes dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis uji t-tes adalah terdapat pengaruh pemberian strategi pembelajaran pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi pemacahan masalah, hasil belajar, matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2016 06:41
Last Modified: 29 Jan 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44801

Actions (login required)

View Item View Item