Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SDI Heso Kabupaten Manggarai NTT

Supardi, Kanisius (2010) Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SDI Heso Kabupaten Manggarai NTT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kanisius-supardi-08712251015.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sains melalui penggunaan media visual pada siswa kelas V SDI Heso Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai NTT tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari sembilan pertemuan dalam tiga siklus. Peneliti bertindak sebagai pengamat, sedangkan kolaborator adalah guru sains yang mengajar di kelas sebagai praktisi yang menjalankan skenario pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Heso Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai NTT yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi minat belajar sains siswa serta angket tentang minat belajar sains siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengaplikasikan media visual dalam kegiatan pembelajaran sains. Untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media visual seperti gambar, model, foto, torso dan lain-lain. Selanjutnya siswa juga melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media visual. Di dalam proses pembelajaran tersebut, siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok diskusi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peningkatan minat belajar sains siswa dapat dilihat pada hasil analisis terhadap observasi dan angket minat belajar pada siklus I yaitu: 6,8 dari 12 skor maksimal yang ditetapkan, sehingga perolehan tersebut dikategorikan cukup. Sedangkan untuk hasil analisis terhadap angket pada siklus I ini diperoleh skor rata-rata 2,25 dari 4 skor maksimal yang ditetapkan, sehingga perolehan tersebut dikategorikan cukup. Untuk skor rata-rata kelas dari analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh 57,7, dari 100 skor maksimal, serta ketuntasan belajar yang dicapai 28 %. 2) Perolehan skor siklus II; hasil analisis pengamatan terhadap proses belajar yaitu rata-rata kelas 9,6 dari 12 skor maksimal yang ditetapkan, sehingga perolehan tersebut berada pada kategori baik. Sedangkan untuk hasil angket diperoleh nilai rata-rata 3,32 dari 4 skor maksimal yang ditetapkan, sehingga perolehan tersebut dikategorikan baik. Untuk skor rata-rata kelas dari hasil belajar siklus II 72,07 dari 100 skor maksimal, serta ketuntasan belajar yang dicapai 68 %. 3) Perolehan skor siklus III; hasil analisis pengamatan terhadap proses belajar yaitu rata-rata kelas 11,7 dari 12 skor maksimal yang ditetapkan, sehingga perolehan tersebut berada pada kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil angket diperoleh nilai rata-rata 3,70 dari 4 skor maksimal yang ditetapkan, sehingga perolehan tersebut berada pada kategori baik. Untuk skor rata-rata kelas dari hasil belajar siklus III 81,2 dari 100 skor maksimal, serta ketuntasan belajar yang dicapai adalah 88 %. Peningkatan Minat pada penelitian ini terjadi setiap pelaksanaan siklus yang dilihat dari minat siswa untuk belajar sains meningkat yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar. Dengan demikian maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media visual dalam pembelajaran sains siswa kelas V SDI Heso Kecamatan Cibal Manggarai NTT dapat meningkatkan minat dan hasil belajar sains siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media visual, minat, hasil belajar, sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2016 06:26
Last Modified: 29 Jan 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44799

Actions (login required)

View Item View Item