Efektivitas Pembelajaran IPS Berbasis Teknologi Informasi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta

Yuliati, Ika Kurnia (2010) Efektivitas Pembelajaran IPS Berbasis Teknologi Informasi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ika-kurnia-yuliati-08712251028.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas pembelajaran IPS berbasis teknologi informasi (TI), mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi yang belajar dengan pembelajaran berbasis TI dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa yang mempunyai motivasi rendah yang belajar dengan pembelajaran berbasis TI dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional serta menganalisis ada tidaknya interaksi pengaruh antara pembelajaran berbasis TI dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS pada tema pokok perjuangan melawan penjajahan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta. Sebagai variabel terikat adalah prestasi belajar IPS dan sebagai variabel bebas adalah pembelajaran, sedangkan variabel sertaannya adalah motivasi belajar. Desain eksperimen yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Subjek penelitian terdiri atas kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol yang ditentukan secara random. Instrumen pengumpulan data terdiri atas kuesioner untuk menjaring motivasi belajar dan tes untuk mengukur prestasi belajar IPS siswa. Instrumen penelitian divalidasi secara logis dan empirik. Reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan alfa cronbach. Analisis data dilakukan dengan teknik Anava dua jalur dan taraf pengujian menggunakan α = 0,05. Hasil penelitian ini adalah; (1) pembelajaran IPS berbasis TI lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (Fh= 48,462 pada p = 0,000), (2) siswa dengan motivasi tinggi yang belajar IPS berbasis TI memperoleh prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan motivasi tinggi yang belajar secara konvensional (Fh = 3,374 pada p = 0,017), (3) siswa dengan motivasi rendah yang belajar IPS berbasis TI memperoleh prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan motivasi rendah yang belajar secara konvensional (Fh = 3,374 pada p = 0,017), (4) tidak terdapat interaksi pengaruh antara pembelajaran berbasis TI dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan (Fh = 1,053 pada p = 0,308).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, berbasis teknologi informasi, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 16 Dec 2016 06:18
Last Modified: 16 Dec 2016 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44798

Actions (login required)

View Item View Item