Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelas Rendah di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul

Kusumo, Galih (2010) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelas Rendah di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-galih-kusumo-08712251024.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor dari pihak guru SDN kelas rendah di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul yang mempengaruhi implementasi pembelajaran tematik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory. Desain penelitian yang digunakan berbentuk ex post facto. Responden penelitian ini adalah seluruh guru SDN kelas rendah di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 64 guru. Instrumen penelitian adalah kuesioner implementasi pembelajaran tematik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan profesional guru SDN kelas rendah (X1) berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata empiris 19,29; kejelasan peran guru SDN kelas rendah (X2) berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata empiris 20,85; akses guru SDN kelas rendah untuk memanfaatkan sumber daya (X3) berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata empiris 20,09; persepsi Guru SDN kelas rendah terhadap karakteristik birokrasi (X4) berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata empiris 14,85; implementasi pembelajaran tematik SDN kelas rendah di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul (Y) berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata empiris 20,58. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan profesional guru SDN kelas rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,437 dengan nilai thitung= 3,534 dan sumbangan efektif sebesar 19,06%, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kejelasan peran guru SDN kelas rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,547 dengan nilai thitung=4,752 dan sumbangan efektif sebesar 21,71%, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan akses guru SDN untuk memanfaatkan sumber daya dengan koefisien korelasi sebesar 0,271 dengan nilai thitung=2,046 dan sumbangan efektif sebesar 4,98%, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi Guru SDN terhadap karakteristik birokrasi dengan koefisien korelasi sebesar 0,327 dengan nilai thitung=2,520 dan sumbangan efektif sebesar 12,03%. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama X1, X2, X3, X4 terhadap Y dengan koefisien korelasi Ry(1234)=0,760 dengan F hitung=17,115 dan sumbangan efektif (R2) 57,8 %. Hal ini berarti jika variabel bebas (X1, X2, X3, X4) ditingkatkan kualitasnya, maka akan berkontribusi positif terhadap variabel terikat (Y). Kesimpulan bahwa variabel bebas X1, X2, X3, X4 mempengaruhi variabel terikat (Y) secara terpisah maupun bersama-sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2016 04:04
Last Modified: 29 Jan 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44740

Actions (login required)

View Item View Item