EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MATA PELAJARAN KEAHLIAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DI SMK MUHAMMADIYAH 04 SUKOREJO KENDAL

Prasetyo, Sigit Heru (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MATA PELAJARAN KEAHLIAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DI SMK MUHAMMADIYAH 04 SUKOREJO KENDAL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sigit heru prasetyo.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya efektivitas pembelajaran dan rendahnya prestasi belajar siswa karena kurangnya kerjasama antar siswa hingga membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif. Untuk mengatasi permasalah tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team-Assisted-Individualization) yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa nilai siswa (pra tindakan dan evaluasi), hasil observasi, hasil angket efektivitas dan prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal, angket efektivitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa efektivitas pembelajaran dan prestasi belajar pada kompetensi animasi Microsoft PowerPoint mata pelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Kendal mengalami peningkatan. Berdasarkan angket keaktifan siswa meningkat sebesar 3,73%, sedangkan lembar prestasi belajar meningkat 5,96%. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 78,33% dengan ketuntasan 90,0%. Siklus II juga menunjukkan peningkatan, yaitu ada 29 siswa. Nilai rata-rata pada siklus II menunjukkan peningkatan menjadi 83,0% dengan ketuntasan 96,75%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif metode Team Assisted Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Kendal. Kata kunci: efektivitas, prestasi belajar, Team Assisted Individualization (TAI), Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44719

Actions (login required)

View Item View Item