EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 PLERET

Laksono, Adam Priyo (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 PLERET. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Adam Priyo Laksono 10518244023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dengan metode pembelajaran kelompok diskusi di SMK Negeri 1 Pleret program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, (2) Mengetahui perbedaan efektivitas hasil belajar siswa aspek kognitif menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan metode pembelajaran kelompok diskusi di SMK Negeri 1 Pleret program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu (Quasi-Experiment ). Penelitian menggunakan simple random sampling untuk memilih sampel penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL A dan X TITL C Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Pleret, dengan ketentuan yakni kelas X TITL C sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas X TITL A sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan model pretest-posttest control group design . Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskripsi, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar melakukan pengukuran komponen resistor dengan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki nilai rata-rata sebesar 88,03 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan metode pembelajaran kelompok diskusi memiliki nilai rata-rata sebesar 78,64 termasuk dalam kategori tinggi, (2) Metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kompetensi melakukan pengukuran komponen resistor memiliki skor gain rata-rata sebesar 0,7 masuk dalam kategori tinggi sedangkan metode pembelajaran kelompok diskusi memiliki skor gain ratarata sebesar 0,5 masuk dalam kategori sedang sehingga metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran kelompok diskusi ditinjau dari aspek kognitif. Kata kunci : kognitif, hasil belajar, jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 12:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44683

Actions (login required)

View Item View Item