EFEK VARIASI KETEBALAN MORTAR PUMICE BRECCIA TERHADAP KUAT GESER PASANGAN BATA MERAH (Studi eksperimen kinerja mortar dengan menggunakan perbandingan campuran1PC:3PS:3Pm)

Purnomo, Priyo (2016) EFEK VARIASI KETEBALAN MORTAR PUMICE BRECCIA TERHADAP KUAT GESER PASANGAN BATA MERAH (Studi eksperimen kinerja mortar dengan menggunakan perbandingan campuran1PC:3PS:3Pm). D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PRIYO PURNOMO_ 11510134046.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kapasitas kuat geser pasangan bata merah, mengetahui ketebalan lapis mortar efektif pada pasangan bata merah dan untuk mengetahui pola kerusakan yang terjadi akibat tegangan geser pasangan bata merah. Pasangan bata merah merupakan pasangan yang tersusun dari bata merah menggunakan pengikat mortar 1PC:3Ps:3Pm. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen laboratorium. Jumlah benda uji sebanyak 9 buah, dengan 3 varian ketebalan mortar. Masing-masing varian berjumlah 3 buah pasangan bata merah. Ketebalan lapis mortar berturut-turut sebesar 1cm; 1,5cm; dan 2cm dengan faktor air semen sebesar 1,3. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian kuat geser pasangan bata merah. Analisis data menggunakan deskriftif kuantitatif dengan membandingkan kerja reratanya. Dari hasil pengujian didapatkan kuat tekan mortar silinder rerata mortar 1PC:3Ps:3Pm sebesar 10,37 MPa. Kuat tekan rerata bata merah sebesar 9,13 MPa. Pada pengujian kuat geser rerata pasangan bata merah dengan variasi ketebalan mortar 1cm; 1,5cm; dan 2cm berturut-turut sebesar 0,20 MPa, 0,37 MPa dan 0,24 MPa. Hasil analisis didapatkan ketebalan efektif pasangan bata merah dengan mortar 1PC:3Ps:3Pm pada ketebalan 1,5cm dengan kuat geser maksimum sebesar 0,37 MPa. Sedangkan untuk pola kerusakan akibat setting pengujian kuat geser pada pasangan bata merah yaitu gagal interface dan gagal kombinasi.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Pasangan Bata Merah, Kuat geser, Pola Kerusakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:18
Last Modified: 05 Mar 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44622

Actions (login required)

View Item View Item