Keefektifan Pendekatan Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Division (STAD) pada Pembelajaran Sains Kelas IV di SD Negeri Babarsari Yogyakarta

Azizah, Azizah (2010) Keefektifan Pendekatan Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Division (STAD) pada Pembelajaran Sains Kelas IV di SD Negeri Babarsari Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-azizah-08712251014.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik STAD pada mata pelajaran Sains pada siswa kelas IV SD. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: pendekatan pembelajaran yang terdiri dari pendekatan kooperatif teknik STAD dan pendekatan konvensional; hasil belajar sains yang meliputi produk sains, proses sains, sikap sains, dan keefektifan pengajaran. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD negeri Babarsari dan SD negeri Condongcatur Yogyakarta. Sampel dipilih secara Random Sampling menjadi kelas Eksperimen dan kelas Kontrol, dengan ukuran sampel 70 siswa (36 siswa di kelas Eksperimen dan 34 siswa di kelas Kontrol). Pada kelas Eksperimen diberikan perlakuan metode pembelajaran kooperatif teknik STAD dan pada kelas Kontrol diberi perlakuan metode konvensional. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan (1) tes untuk mengukur prestasi belajar Sains SD kelas IV, (2) observasi untuk mengamati penguasaan keterampilan proses (proses sains) dan sikap sains, angket (kuisioner), wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan (1) teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik hasil belajar sains yang berupa produk sains, proses sains, dan sikap sains serta keefektifan pengajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif teknik STAD; dan (2) statistik inferensial dengan Multivariat Analysis of Variance untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: model pembelajaran kooperatif teknik STAD efektif digunakan pada pembelajaran sains di Sekolah Dasar. Hal ini terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Sains antara model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif teknik STAD dengan model pembelajaran konvensional. Hasil ini didasarkan pada prosedur Test of Between-Subjects Effects dengan melihat nilai Sig. 0,000 < α (0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kooperatif, Student Team Achievement Divisions, pembelajaran sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:51
Last Modified: 13 Dec 2016 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44573

Actions (login required)

View Item View Item