EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA TRAINER KOLE (Konsep Listrik Elektronika) MATA DIKLAT PENGENALAN KONSEP DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA DI SMK N 1 PUNDONG

RIANTO, HAFRI (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA TRAINER KOLE (Konsep Listrik Elektronika) MATA DIKLAT PENGENALAN KONSEP DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA DI SMK N 1 PUNDONG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_11518249001_HAFRI_RIANTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Problem Solving terhadap pengembangan kompetensi keahlian peserta didik kelas X TITL di SMK Negeri 1 Pundong dalam mencapai kompetensi yang meliputi aspek kognitif, aspek afektif, serta aspek psi komotorik dengan bantuan media trainer kole (konsep listrik dan elektronika). Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL SMK Negeri 1 Pundong . Teknik pengambilan sampel yang diguna kan adalah purposive sampling . Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 5 4 siswa. 27 siswa pada k elas X TITL A sebag ai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas X TITL B sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji - t. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil belajar siswa aspek kognitif yang mengikuti pembe lajaran dengan metode problem solving lebih baik dibanding metode think - pair - share dalam menggambar kurva karakteristik transistor ( t hitung = 4,343 > t tabel = 2,000; sig= 0,000) , nilai rata - rata pada kelas eksperimen sebesar 85,92 sedangkan pada kelas kontr ol sebesar 74,4. (2) hasil belajar siswa aspek afektif yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem solving lebih baik dibanding metode think - pair - share dalam menggambar kurva karakteristik transistor ( t hitung = 2,026 > t tabel = 2,000; sig= 0,048) , ni lai rata - rata pada kelas eksperimen sebesar 86,66 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 83,03. (3) hasil belajar siswa aspek psikomotorik yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem solving lebih baik dibanding metode think - pair - share dalam menggambar kurva karakteristik transistor ( t hitung = 2, 313 > t tabel = 2,000; sig= 0,0 31 ) , nilai rata - rata pada kelas eksperimen sebesar 86,66 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 83,03. Gain score untuk kelas kontrol sebesar 0,57 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,65, kedua kriteria gain score terse but menunjukan bahwa nilai gain kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Kata kunci: Kompetensi, efektivitas pembelajaran , media trainer kole, problem solving , think - pair - share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 12:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44572

Actions (login required)

View Item View Item