Keefektifan Penggunaan Media Anagram dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas III SD

Ardhani, Ayu Putri (2010) Keefektifan Penggunaan Media Anagram dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas III SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ayu-putri-ardhani-08712251006.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: keefektifan penggunaan media anagram dalam pembelajaran kosakata bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar kosakata bahasa Indonesia siswa kelas III SD, keefektifan penggunaan media anagram dalam pembelajaran kosakata bagi siswa kelas III SD yang terbiasa berbahasa Indonesia dan berbahasa daerah, dan pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan kebiasaan berbahasa terhadap hasil belajar kosakata bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel terikat hasil belajar kosakata bahasa Indonesia dan variabel bebasnya adalah media anagram dan kebiasaan berbahasa. Desain eksperimen faktorial 2 x 2 dengan dua taraf kualifikasi variabel terikat yaitu pembelajaran kosakata menggunakan media anagram dan tanpa menggunakan media anagram. Subjek penelitian sebanyak 123 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri: (1) angket kebiasaan berbahasa, (2) tes penguasaan kosakata bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur pada taraf signifikansi 5 % (α = 0,05). Hasil penelitian ini adalah: media anagram lebih efektif digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Indonesia daripada pembelajaran tanpa media anagram, hasil Anava menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya (Fh= 157,453; Ft = 3,94 dan p < 0,05), (2) terdapat perbedaan prestasi belajar kosakata antara siswa kelas III SD yang terbiasa berbahasa Indonesia yang diajar menggunakan media anagram dengan yang diajar tanpa menggunakan media anagram. Siswa yang terbiasa berbahasa Indonesia yang diajar dengan media anagram lebih tinggi dari pada hasil belajar kosakata bahasa Indonesia siswa yang terbiasa berbahasa Indonesia yang diajar tanpa menggunakan media anagram (Fh = 4,335; Ft = 3,94 dan p < 0,05), terdapat perbedaan prestasi belajar kosakata antara siswa kelas III SD yang terbiasa berbahasa daerah yang diajar menggunakan media anagram dengan yang diajar tanpa menggunakan media anagram. Siswa yang terbiasa berbahasa daerah yang diajar dengan media anagram lebih tinggi daripada hasil belajar kosakata bahasa Indonesia siswa yang terbiasa berbahasa daerah yang diajar tanpa menggunakan media anagram (Fh = 4,335; Ft = 3,94 dan p < 0,05), tidak ada pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan kebiasaan berbahasa terhadap hasil belajar kosakata bahasa Indonesia (Fh = 3,133; Ft = 3,94 dan p > 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media anagram, pembelajaran kosakata, bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:35
Last Modified: 13 Dec 2016 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44571

Actions (login required)

View Item View Item