Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Percaya Diri Siswa Kelas V SD.

Nisa, Uliya Khoirun (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Percaya Diri Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-uliya-khoirun-nisa-14712251066.swf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan PMRI yang layak dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan percaya diri siswa kelas V SD, dan menguji keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain R & D Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji coba lapangan utama, (8) uji coba lapangan operasional, dan (9) penyempurnaan produk akhir, 10) desiminasi dan implementasi. Uji coba produk meliputi uji ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan dan uji coba operasional. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 6 siswa. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 12 siswa yang belum terlibat dalam uji coba terbatas, dan subjek uji coba operasional terdiri dari siswa kelas VB MIN Jejeran 25 siswa dan siswa kelas VC MIN Jejeran 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, angket validasi kelayakan produk, angket respon guru dan siswa, angket percaya diri dan tes kemampuan berpikir kreatif. Keefektifan produk diuji melalui quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan PMRI yang dikembangkan dinilai layak untuk digunakan; (2) perangkat pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan PMRI terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa; dan (3) perangkat pembelajaran tematik integratif dengan PMRI terbukti efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran tematik integratif, PMRI, kemampuan berpikir kreatif, percaya diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:22
Last Modified: 09 May 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44556

Actions (login required)

View Item View Item