Linnusky, Idza Nudia and Wijaya, Aryadi (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTs. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) | Preview |
|
Text
Halaman Judul.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Negeri Godean. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian kevalidan RPP, lembar penilaian kevalidan LKS, angket respon siswa, angket respon guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria (1) valid dengan rata-rata skor untuk RPP 4,4 dan rata-rata skor untuk LKS 4,28 dari skor maksimal 5, (2) praktis dengan skor angket respon siswa 4,00 dan skor angket respon guru 4,28, serta rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 94,96%, (3) efektif dengan persentase ketuntasan tes hasil belajar 81,25%. Kata kunci: perangkat pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 01:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44533 |
Actions (login required)
View Item |