EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

AKHADYA, WINDA NUR and Wijaya, Aryadi (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama, efektivitas model pembelajaran ekspositori dengan pendekatan deduktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama, serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori dengan pendekatan deduktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment. Subjek penelitian berjumlah 64 siswa SMP Negeri 3 Godean yang terdiri dari kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan pendekatan deduktif dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli (judgement experts) dengan kualifikasi layak digunakan dengan revisi. Hasil uji reliabilitas instrumen tes menunjukkan skor reliabilitas pretest sebesar 0,48 dengan kategori cukup dan skor reliabilitas posttest sebesar 0,626 dengan kategori tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama yang memiliki karakteristik sama dengan subjek penelitian 2) model pembelajaran ekspositori dengan pendekatan deduktif efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama yang memiliki karakteristik sama dengan subjek penelitian 3) model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang memiliki karakteristik sama dengan subjek penelitian. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Ekspositori, Pendekatan Deduktif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 13 Dec 2016 01:42
Last Modified: 13 Dec 2016 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44532

Actions (login required)

View Item View Item