AKHADYA, WINDA NUR and Wijaya, Aryadi (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (656kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama, efektivitas model pembelajaran ekspositori dengan pendekatan deduktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama, serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori dengan pendekatan deduktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment. Subjek penelitian berjumlah 64 siswa SMP Negeri 3 Godean yang terdiri dari kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan pendekatan deduktif dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli (judgement experts) dengan kualifikasi layak digunakan dengan revisi. Hasil uji reliabilitas instrumen tes menunjukkan skor reliabilitas pretest sebesar 0,48 dengan kategori cukup dan skor reliabilitas posttest sebesar 0,626 dengan kategori tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama yang memiliki karakteristik sama dengan subjek penelitian 2) model pembelajaran ekspositori dengan pendekatan deduktif efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama yang memiliki karakteristik sama dengan subjek penelitian 3) model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan matematika realistik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang memiliki karakteristik sama dengan subjek penelitian. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Ekspositori, Pendekatan Deduktif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 01:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44532 |
Actions (login required)
View Item |