Hubungan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), Supervisi Kepala Sekolah, dan Latar Belakang Pendidikan dengan Kompetensi Profesional Guru SD di Gugus 1 Gurabati Kota Tidore Kepulauan

Wibowo, Aris (2010) Hubungan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), Supervisi Kepala Sekolah, dan Latar Belakang Pendidikan dengan Kompetensi Profesional Guru SD di Gugus 1 Gurabati Kota Tidore Kepulauan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aris-wibowo-08712251017.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan Kelompok Kerja Guru, supervisi kepala sekolah, dan latar belakang pendidikan dengan kompetensi profesional guru SD di Gugus 1 Gurabati Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode survai dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel kegiatan Kelompok Kerja Guru sebagai variabel bebas satu (X1), variabel kegiatan supervisi kepala sekolah sebagai variabel bebas dua (X2), variabel latar belakang pendidikan sebagai variabel bebas tiga (X3),dan variabel kompetensi profesional guru sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini melibatkan sampel sejumlah 84 responden dari 109 anggota populasi. Penentuan sampel berdasarkan dispropotionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan instrumen yang digunakan berbentuk angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, korelasi Pearson Product Moment dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Kelompok Kerja Guru mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi profesional guru (r = 0,798 dan p = 0,000); kegiatan supervisi kepala sekolah mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi profesional guru (r = 0,410 dan p = 0,000); latar belakang pendidikan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi profesional guru (r = 0,740 dan p = 0,000), dan kegiatan Kelompok Kerja Guru, kegiatan supervisi kepala sekolah, dan latar belakang pendidikan secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi profesional guru (r = 0,868 dan p = 0,000). Hasil regresi menunjukkan kegiatan Kelompok Kerja Guru memberikan pengaruh sebesar 63,6% (R2 = 0.636, Ŷ = 18,217 + 0,885 X1) terhadap kompetensi profesional guru; kegiatan supervisi kepala sekolah memberikan pengaruh sebesar 16,8% (R2 = 0.168, Ŷ = 0,168 + 0,885 X2) terhadap kompetensi profesional guru; latar belakang pendidikan memberikan pengaruh sebesar 54,8% (R2 = 0.168, Ŷ = 49,562 + 17,103 X3) terhadap kompetensi profesional guru; dan kegiatan Kelompok Kerja Guru, kegiatan supervisi kepala sekolah, dan latar belakang pendidikan secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 75,4% (R2 = 0.754, Ŷ = 19,705 + 0,669 X1 + 0,073 X2 + 10,261 X3) terhadap kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Kerja Guru, supervisi kepala sekolah, latar belakang pendidikan, kompetensi profesional guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2016 09:42
Last Modified: 29 Jan 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44518

Actions (login required)

View Item View Item