PENGARUH STATUS EKONOMI SOSIAL, FASILITAS BELAJAR DAN REWARD RANSACTIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NASIONAL BERBAH

Najib, M (2016) PENGARUH STATUS EKONOMI SOSIAL, FASILITAS BELAJAR DAN REWARD RANSACTIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
M Najib 12518249003.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) status ekonomi sosial terhadap hasil belajar siswa, (2) fasilitas belajar terhadap hasil belajar, (3) reward transactional terhadap hasil belajar, dan (4) status ekonomi sosial, fasilitas belajar dan reward transactional secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Nasional Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 44 siswa kelas X SMK Nasional Berbah. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Validitas intrumen menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas instrumen menggunkan Crombach Alpha. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Nasional Berbah. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normlitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk hipotesis penelitian pertama kedua dan ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis penelitian keempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status ekonomi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan diperoleh rhitung sebesar 0.497 dengan rtabel sebesar 0.297 (rhitung>rtabel). Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan diperoleh rhitung sebesar 0.743 dengan rtabel sebesar 0.297 (rhitung>rtabel). Reward transactional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan diperoleh rhitung sebesar 0.415 dengan rtabel sebesar 0.297 (rhitung>rtabel). Status ekonomi sosial, fasilitas belajar dan reward transactional secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan diperoleh fhitung sebesar 19.123 dengan ftabel sebesar 2.82 (rhitung>rtabel). Kontribusi variabel status ekonomi sosial, fasilitas belajar dan reward transactional terhadap hasil belajar sebesar 58.9 %, sedangkan sisanya sebesar 41.1 % dipengaruhi oleh varian lain di luar penelitian yang tidak termasuk dalam batasan penelitian ini. Kata kunci : status ekonomi sosial, fasilitas belajar, reward transactional, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44400

Actions (login required)

View Item View Item