Pengaruh Penerapan Pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) terhadap Pemahaman Konsep, Berpikir Kreatif dan Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD Ngablak.

Mahlianurrahman, Mahlianurrahman (2016) Pengaruh Penerapan Pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) terhadap Pemahaman Konsep, Berpikir Kreatif dan Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD Ngablak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mahlianurrahman-14712251064.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan SETS terhadap: (1) pemahaman konsep; (2) berpikir kreatif; (3) peduli lingkungan siswa kelas IV di SD Ngablak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan adalah static group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Ngablak yang terdiri dari dua kelas dan SD Banyakan yang terdiri satu kelas. Siswa SD Ngablak diberi perlakuan pendekatan SETS, sedangkan siswa SD Banyakan diberi perlakuan dengan pendekatan ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan pemahaman konsep, berpikir kreatif dan angket peduli lingkungan. Uji normalitas dilakukan dengan metode Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas data menggunakan Box’M test. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan SETS berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Ngablak, dengan rata-rata skor kelas eksperimen 1 sebesar 28.04, kelas eksperimen 2 sebesar 29.78, dan kelas kontrol sebesar 19.2; (2) pendekatan SETS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di SD Ngablak, dengan rata-rata skor kelas eksperimen 1 sebesar 26.7, kelas eksperimen 2 sebesar 28.39, dan kelas kontrol sebesar 19.8; (3) pendekatan SETS berpengaruh terhadap kemampuan peduli lingkungan siswa kelas IV di SD Ngablak, dengan rata-rata skor kelas eksperimen 1 sebesar 9.87, kelas eksperimen 2 sebesar 6.95, dan kelas kontrol sebesar 2.08.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SETS, pemahaman konsep, berpikir kreatif dan peduli lingkungan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Dec 2016 01:44
Last Modified: 09 May 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44396

Actions (login required)

View Item View Item